Gallery

Artav, Buatan anak SMP

Written By ahmadkomputer on Rabu, 13 April 2011 | 14.25

Artav anti virus beberapa saat yang lalu banyak dibicarakan, karena artav antivirus ini diakui dibuat oleh anak smp, akan tetapi usut-punya usut ternyata artav ini merupakan hasil dari kombinasi antara beberapa programmer, dimana Jika diteliti lebih dalam, memang ada komponen dalam Artav yang diambil dari Al VirusScan, seperti sistem notifikasi, sistem scanning, quarantine, dan registry tweak yang tak lain adalah buatan (Shodiqin).
Shodiqin yang juga sudah merilis al VirusScan di http://www.planet-source-code.com. Bersifat opensource jadi siapa pun bisa memodifikasinya. Artav, terbukti menggunakan source code dari software lain bertajuk Al VirusScan. meski demikian, kedua aplikasi tersebut menggunakan mesin atau kode hasil keroyokan dari berbagai programmer di seluruh penjuru dunia. Dalam hal open source memang mengizinkan para programmer untuk memodifikasi aplikasi tertentu agar memiliki fungsi atau tampilan yang lebih baik. akan tetapi ada beberapa aturan main yang Harus dilakukan sebelum memodifikasi suatu aplikasi. Seperti pemberikan kredit atau pencantuman nama pembuat terdahulu.

Di Al VirusScan sudah ada credit-nya, jadi yang bukan milik ane tak kasih credit ke pembuat kodenya,. Karena memang seperti itu etikanya,” ujar Moh Aly Shodiqin, pembesut Al VirusScan

Artav adalah salah satu contoh aplikasi yang dikembangkan berdasarkan Al Antivirus yang bersifat open source. Namun yang disayangkan adalah, sang pembuat tidak mencantumkan nama engine atau pemilik kode sebelumnya.

Ketika membuat Al VirusScan, Shodiqin pun mengaku tidak membuat dari nol, ia mengkombinasikan beberapa kode dan engine dari aplikasi lainnya yang juga bersifat open source.

“(Sumbernya) hampir dari seluruh dunia, tapi engine-nya Al VirusScan based on Avigen3 dari founder VBBego yakni Mas Puji,” tambah Shodiqin

Meski demikian si pembuat code yang merupakan penemu dari Al VirusScan tersebut sudah memaafkan ival dimana pada saat di wawancara dia mengatakan bahwa artav mrupakan buatan dia dan kakaknya dalam bekerjasama membuat Artav

“Sekarang yang terpenting adalah mensupport Ival supaya bisa terus berkarya dan memajukan IT kita, jangan sampai mentalnya down. Kasian juga kan,” Papar Shodiqin

Meski demikian kita wajib memberikan apresiasi kepada ival karena telah berhasil mengembangkan antivirus artav ini meskipun ada beberapa komponen yang diambil dari antivirus lain. 

Berikut ini sedikit profil tentang pembuat Artav:

Arival (13 tahun) Pembuat Artav Antivirus Anak Smp berawal dari kakak beradik Arival (13) Pembuat Artav Antivirus Anak Smp ini masih sekolah di kelas 8 SMP Negeri 24 Kota Bandung dan Taufik Aditya Utama (15) pelajar kelas 1 SMA Negeri 25 Kota Bandung asal Bojongsoang Kabupaten Bandung(dekat rumah saya ini) yang gemar mengoprek teknologi lewat komputer, berkat ide cemerlang mereka berdua maka lahir lah sebuah antivir lokal yang di berinama ARTAV.

Pembuat Artav Antivirus Anak Smp
Profil Biografi Sang Pembuat Artav Anti Virus
Arrival Dwi Sentosa (detikinet.com)
Nama Lengkap : Arrival Dwi Sentosa
Umur : 13 Tahun
Alamat : Jl.Bojongsoang Kabupaten Bandung
Agama : Islam
Nama Ayah : Herman Suherma (45)
Nama Ibu : Yeni Soffia (38)
Pendidikan
* SD Negeri Cipagalo 1,dari kelas 1-2
* SD Negeri Cijagra 1, dari kelas 2-4
* SD Negeri Sekelimus ,dari kelas 4-6
* SMP Negeri 48 Bandung

Blog, Updated at: 14.25

0 comments:

MENERIMA ORDER E BOOK DALAM DVD SILAHKAN CALL 0852-1730-9068 (WA/LINE)

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Featured Post (Slider)

Tech Post

Ad Home

Combine

Horizontal

Vertical1

Vertical2

Gallery

Portfolio

Video Of Day

Recent Comments

Tech Post

Social Icons

Featured Slider

Scrolling box

Popular Posts

Popular Posts