Gallery

MENGINSTALL WINDOWS 7 DI NOTEBOOK DENGAN SISTEM UEFI

Written By ahmadkomputer on Jumat, 29 Juli 2016 | 07.20

Saat ini beragam notebook hadir di pasaran Indonesia dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Namun umumnya sudah menggunakan sistem UEFI untuk BIOS-nya.  UEFI merupakan solusi masalah pre-booting yang selama ini jadi kendala pada BIOS konvensional, dimana sebenarnya ia merupakan software yang dikembangkan dari BIOS juga. Ia akan bekerja sesaat setelah komputer dinyalakan dan akan berisi berbagai informasi mengenai spesifikasi komputer dan interface antara sistem operasi dan platform firmware pada saat boot, dan akan mendukung mekanisme arsitektur untuk menginisialisasi input/output.  UEFi juga dirancang untuk mendukung keanekaragaman hardware yang pesat saat ini.
Lalu apa hubungan proses instalasi sistem operasi dengan sistem UEFI? Pada komputer dengan sistem UEFI, umumnya terjadi kendala ketika ingin melakukan instalasi sistem operasi lain yang tidak teregistrasi, kecuali dilakukan disable Secure Boot dan Enable Legacy BIOS. Jika Anda bermaksud menginstal Windows 7 ke dalam komputer yang menggunakan UEFI, Anda harus masuk ke UEFI dan melakukan hal tersebut.
Sayangnya, opsi Legacy BIOS terkadang tidak dihadirkan pada seri notebook tertentu. Seperti yang terdapat pada perangkat notebook ASUS X200M. Alhasil, user tidak dapat menginstall sistem operasi Windows 7 pada notebook ini, hanya sistem operasi Windows 8 x64 saja yang bisa terinstall.
Nah, untuk mengatasi hal ini diperlukan trik khusus. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.
§  Nyalakan notebook, kemudian tekan ‘Del’ atau ‘F2’ untuk masuk ke menu BIOS. Anda dapat masuk ke sub-menu boot di mana akan terdapat menu CSM. Arah pointer pada menu CSM dan cek apakah tersedia pilihan untuk legacy BIOS. Jika tidak ada, maka Anda harus meng-update dengan versi BIOS yang menyertakan opsi boot from legacy.
§  Anda dapat mengunjungi website dukungan dari brand notebook yang Anda miliki guna mencari ketersediaan BIOS yang menyertakan legacy support.
§  Setelah file legacy boot ter-download , ekstrak file tersebut kemudian install. Tunggu beberapa saat sampai laptop restart dan jangan matikan power-nya karena masih ada proses peng-update-an BIOS.  Tunggu beberapa saat sampai laptop restart kembali, setelah itu coba masuk ke BIOS dengan menekan tombol ‘Del’ dan pada settingan Boot pilih boot Legacy.
§  Jika settingan BOOT masih terkunci langkah yang harus dilakukan adalah memberikan password pada security-nya kemudian kembali ke settingan boot dan disable security boot-nya.
§  Jika sistem BIOS pada notebook Anda secara default sudah mendukung legacy BIOS, skip langkah ini.
§  Langkah berikutnya lakukan instalasi Windows 7 seperti biasa bisa menggunakan DVD ataupun USB.
Setelah masuk ke set-up Windows 7, ketika sampai pada memilih partisi, kemungkinannya anda tidak bisa install Windows 7 pada salah satu partisi, karena Windows 8 diinstal dengan menggunakan GPT Partition.
ahmadkomputer

Solusinya adalah dengan memilih “Drive Options” dan “Delete” semua partisi dan membuat “New” partisi. Atau mengakses command prompt dengan menekan tombol SHIFT + F10 dan menjalankan perintah:
ahmadkomputer
diskpart
list disk, pilih hard drive.
select disk *, dimana * adalah nomer hard drive.
list partition
clean, untuk menghapus semua partisi.
exit
§  Selanjutnya anda sudah bisa melanjutkan instalasi Windows 7 sampai selesai, jangan lupa  cek ketersediaan driver untuk mendukung sistem operasi yang kita gunakan pada website resminya.









Masalah driver missing....

Option.. sudah dipilih USB DVD milik kita, bisa booting namun saat mau masuk partisi muncul "A required CD/DVD drive device dirver is missing, bla bla bla".

Nemu cara ini, working well saat inul win 7:

If your notebook has an Intel processor and chipset, try this...

Download the drivers from this link below (first or second file listed -- 32 or 64 bit as applicable).

https://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?agr=Y......

Copy the files onto a usb flash drive without any folders.


With the flash drive and W7 installation media plugged into the machine, boot from the W7 installation media.

After you select the install now option, select the Drive Options - Advanced menu, then select the Load Driver option.

You should now see the storage driver files listed.

If you check the box, it will only include the compatible driver.

Follow the prompts and hopefully W7 will install.






Blog, Updated at: 07.20

0 comments:

MENERIMA ORDER E BOOK DALAM DVD SILAHKAN CALL 0852-1730-9068 (WA/LINE)

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Featured Post (Slider)

Tech Post

Ad Home

Combine

Horizontal

Vertical1

Vertical2

Gallery

Portfolio

Video Of Day

Recent Comments

Tech Post

Social Icons

Featured Slider

Scrolling box

Popular Posts

Popular Posts